Kulit Kering dan Gatal? Kenali Jenis Eksim yang Mungkin Anda Derita

Kulit Kering dan Gatal? Kenali Jenis Eksim yang Mungkin Anda Derita

Selasa, 25 Jun 2024
Apakah Anda sering merasa gatal dan melihat kulit Anda tampak kering atau bersisik? Mungkin Anda mengalami salah satu jenis eksim, kondisi kulit yang umum namun seringkali membuat tidak nyaman. Eksim adalah istilah umum untuk berbagai jenis peradangan kulit, juga dikenal sebagai dermatitis. Mari kita kenali beberapa jenis eksim yang mungkin Anda derita dan bagaimana mengatasinya.

1. Eksim Atopik

Eksim atopik adalah bentuk eksim yang paling sering ditemui, terutama pada anak-anak, meskipun juga dapat berlanjut hingga dewasa. Gejala utamanya adalah kulit yang sangat kering, merah, dan gatal. Faktor genetik sering kali berperan penting dalam eksim ini, dengan kondisi ini sering terjadi pada individu yang memiliki riwayat keluarga dengan eksim atau kondisi alergi lainnya seperti asma dan hay fever.

2. Eksim Kontak

Eksim kontak terjadi ketika kulit bereaksi terhadap kontak langsung dengan substansi iritan atau alergen. Substansi yang dapat menjadi pemicu meliputi sabun, deterjen, parfum, perhiasan, atau bahkan tanaman. Eksim kontak dibagi menjadi dua jenis: iritan (yang paling umum) dan alergi.

3. Eksim Dishidrotik

Eksim dishidrotik menghasilkan kecil, berair, lepuh pada tangan dan kaki, terutama pada jari-jari, telapak tangan, dan telapak kaki. Kondisi ini sangat gatal, dan lepuh yang pecah dapat menyebabkan nyeri serta infeksi jika tidak ditangani dengan benar. Penyebab pasti dari eksim dishidrotik tidak diketahui, tetapi stres dan kondisi lembap cenderung memperburuk keadaan.

4. Eksim Numular

Eksim numular atau eksim nummular menunjukkan adanya bercak bulat atau koin berbentuk lesi yang kering dan gatal pada kulit. Lesi ini sering kali terlihat sangat berbeda dengan eksim jenis lain dan bisa sangat sulit untuk diobati. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria dewasa.

5. Eksim Seboroik

Eksim seboroik sering berkaitan dengan produksi sebum yang berlebihan dan biasanya mempengaruhi area tubuh di mana kelenjar sebaceous banyak ditemukan, seperti kulit kepala, wajah, dan punggung atas. Kondisi ini menyebabkan adanya ketombe, kemerahan, dan sisik yang berminyak.

Penanganan Eksim

Mengatasi eksim melibatkan pemahaman tentang jenis eksim yang Anda derita dan faktor pemicunya. Langkah-langkah umum yang dapat membantu mengurangi gejala eksim adalah sebagai berikut:
  • Menggunakan pelembap secara teratur untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Menghindari pemicu yang dikenal, seperti sabun yang keras atau pakaian yang mengiritasi.
  • Menggunakan obat-obatan topikal sesuai anjuran dokter.
  • Terapi cahaya atau fototerapi untuk kasus eksim yang lebih parah.
Jika Anda mengalami gejala eksim yang parah atau persisten, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dermatologis untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan rencana perawatan yang efektif. Eksim dapat menjadi gangguan jangka panjang, tetapi dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mengelola gejala dan memperbaiki kualitas hidup Anda.

Dapatkan Pemeriksaan Eksim Sekarang Juga di DVX Medical Surabaya Bersama Dokter Spesialis Profesional!

Kunjungi DVX Medical Surabaya dan dapatkan pemeriksaan eksim yang tepat, cepat, dan aman. Jangan tunda pengobatan Anda, segera periksa sekarang agar Anda bisa kembali beraktivitas dengan lebih percaya diri!

Related Article

Penyebab Kulit Kering dan Kusam yang Sering Diabaikan

Kulit yang kering dan kusam seringkali menjadi masalah yang ...

Kenapa Berat Badan Susah Turun? Ini Penyebab yang Harus Anda Ketahui

Memiliki tubuh ideal dan sehat adalah impian banyak orang. N...

Dari Keringat Hingga Bakteri, Ini Faktor Penyebab Bau Badan yang Perlu Diketahui

Bau badan, atau yang dikenal dengan istilah bromhidrosis, me...

Skin Prick Test, Tes Alergi yang Akurat dan Cepat

Apakah Anda sering mengalami reaksi yang diduga alergi? Jika...

Fototerapi, Pengobatan Efektif untuk Psoriasis dan Kondisi Kulit Lainnya

Kesehatan kulit adalah salah satu aspek penting dalam keseja...

Send Message