Vitiligo: Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Vitiligo: Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Kamis, 23 Mei 2024
Vitiligo merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan bercak putih pada kulit, rambut, atau selaput lendir, seringkali menimbulkan kekhawatiran karena dianggap menular. Faktanya, vitiligo tidak menular dan tidak membahayakan kesehatan secara fisik.

Namun, vitiligo dapat memberikan dampak psikologis bagi penderitanya. Bercak putih yang muncul di area yang terlihat, seperti wajah dan tangan, dapat menurunkan rasa percaya diri dan memicu kecemasan sosial.

Penyebab Bercak Putih Pada Kulit (Vitiligo)

Vitiligo disebabkan oleh kerusakan atau kematian sel melanosit, sel-sel yang memproduksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata. Kerusakan ini dapat terjadi akibat berbagai faktor, seperti:
  • Genetik: Riwayat keluarga vitiligo meningkatkan risiko seseorang untuk mengalaminya.
  • Autoimun: Vitiligo dikaitkan dengan beberapa penyakit autoimun, seperti penyakit Graves, diabetes tipe 1, dan tiroiditis Hashimoto.
  • Infeksi: Infeksi virus atau bakteri tertentu dapat memicu vitiligo pada orang yang rentan.
  • Stres: Stres berat dapat memperburuk vitiligo pada beberapa orang.
  • Cedera kulit: Luka bakar, luka, atau goresan pada kulit dapat memicu vitiligo di area tersebut.

Dampak Vitiligo

Dampak utama Vitiligo adalah munculnya bercak putih pada kulit, rambut, atau mukosa. Bercak ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja, dan ukurannya pun bervariasi. Selain itu, Vitiligo juga dapat menimbulkan dampak psikologis, seperti:
  • Penurunan rasa percaya diri: Bercak putih yang terlihat mencolok dapat membuat penderitanya merasa malu dan tidak nyaman dalam bersosialisasi.
  • Kecemasan dan depresi: Kekhawatiran tentang penampilan dan stigma yang terkait dengan Vitiligo dapat memicu kecemasan dan depresi.
  • Gangguan hubungan sosial: Penderita Vitiligo mungkin mengalami penolakan atau diskriminasi dalam kehidupan sosial.

Cara Mengatasi Vitiligo

Meskipun Vitiligo tidak dapat disembuhkan, ada beberapa cara untuk mengatasi dan meningkatkan kualitas hidup penderitanya, yaitu:
  • Fototerapi: Terapi sinar ultraviolet (UVB) dapat merangsang produksi melanin dan mengurangi bercak putih. Ini adalah salah satu metode yang efektif dan sering digunakan.
  • Pengobatan Sistemik: Pada kasus yang lebih parah, dokter mungkin meresepkan obat oral atau suntik untuk menekan respon autoimun.
  • Konseling dan Dukungan: Mengatasi dampak psikologis vitiligo sama pentingnya dengan perawatan fisik. Konseling dapat membantu penderita menghadapi stres dan meningkatkan kualitas hidup.

Pemeriksaan Vitiligo di DVX Medical Surabaya

DVX Medical Surabaya adalah klinik penyakit menular seksual dan penyakit kulit yang terpercaya di Surabaya. Bersama dokter SpKK dan Sp.DVE profesional dan berpengalaman, DVX Medcial menyediakan layanan pemeriksaan dan pengobatan vitiligo yang lengkap, termasuk:
  • Konsultasi dengan dokter SpKK dan Sp.DVE
  • Pemeriksaan fisik
  • Tes darah
  • Fototerapi
  • Biopsi kulit (jika diperlukan)
  • Rekomendasi pengobatan yang tepat

Jika Anda mengalami gejala vitiligo, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke DVX Medical Surabaya. Semakin dini vitiligo didiagnosis dan diobati, semakin besar peluang untuk mengembalikan warna kulit dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Hubungi DVX Medical Sekarang untuk Dapatkan Pengobatan Bau Badan Terbaik Bersama Dokter Spesialis Profesional!

Kunjungi DVX Medical Surabaya dan dapatkan penanganan masalah bau badan yang tepat, cepat, dan aman. Jangan tunda pengobatan kondisi kulit Anda, segera periksa sekarang agar sembuh lebih cepat dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti semula!

Related Article

Penyakit Sifilis: Penyebab, Gejala, dan Cara Pengobatannya

Sifilis atau dikenal juga dengan sebutan raja singa adalah p...

Mengenal Eksim: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Eksim, atau yang lebih dikenal juga dengan dermatitis adalah...

Skin Prick Test, Tes Alergi yang Akurat dan Cepat

Apakah Anda sering mengalami reaksi yang diduga alergi? Jika...

Peringatan WHO: Kasus IMS Meningkat, Sifilis dan Gonore Kebal Antibiotik

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peringatan men...

Bahaya Gonore, Ancaman Serius Bagi Pria dan Wanita Jika Tidak Diobati

Gonore atau dikenal dengan kencing nanah, adalah infeksi men...

Send Message