Skin Prick Test, Tes Alergi yang Akurat dan Cepat
Jumat, 31 Mei 2024

Skin Prick Test, Tes Alergi yang Akurat dan Cepat

Apakah Anda sering mengalami reaksi yang diduga alergi? Jika iya, Anda perlu mencoba pemeriksaan tes alergi untuk mengetahui pemicunya. Salah satu metode tes alergi yang bisa Anda pilih adalah Skin Prick Test atau uji tusuk alergi.

Meskipun dilakukan pada area kulit, tes ini tidak hanya mendeteksi alergi kulit saja. Tetapi, bisa juga mendeteksi alergi lain. Berikut ulasan lengkap tentang prosedur skin prick test dan apa saja yang perlu disiapkan jika Anda ingin melakukan tes alergi ini.

Apa Itu Skin Prick Test?

Skin Prick Test adalah sebuah metode untuk mendeteksi reaksi alergi terhadap berbagai alergen (zat pemicu alergi) dengan cara meneteskan ekstrak alergen pada kulit dan kemudian menusuk ringan permukaan kulit menggunakan jarum steril. Reaksi yang terjadi pada kulit akan menunjukkan apakah seseorang memiliki alergi terhadap alergen tersebut.

Skin Prick Test dapat digunakan untuk mendeteksi berbagai jenis alergi yang disebabkan oleh serbuk sari, jamur, bulu hewan, tungau, atau makanan tertentu. Jadi, tes ini bisa mendeteksi reaksi alergi pada kulit seperti alergi kosmetik, alergi rinitis, anafilaksis, dan alergi obat.


Persiapan Sebelum Skin Prick Test

Sebelum melakukan tes tusuk kulit (skin prick test), dokter akan memeriksa kondisi fisik serta riwayat kesehatan Anda. Selain itu, dokter juga akan menanyakan gejala, kemungkinan penyebab alergi, dan gaya hidup Anda selama pemeriksaan. Informasi ini kemudian akan digunakan untuk menentukan ekstrak alergen yang akan digunakan dalam pengujian.

Setelah itu, ada beberapa persiapan yang perlu Anda ikuti sebelum menjalani tes alergi ini. Dokter akan memberikan arahan agar Anda tidak mengonsumsi beberapa jenis obat sebelum melakukan tes. Berdasarkan informasi dari situs Mayo Clinic, berikut adalah obat-obatan yang umumnya harus dihindari setidaknya 10 hari sebelum menjalani tes alergi:
  • Obat antihistamin yang diresepkan, seperti levocetirizine dan desloratadine.
  • Obat antihistamin yang dijual bebas, seperti loratadine, diphenhydramine, chlorpheniramine, cetirizine, dan fexofenadine.
  • Obat antidepresan trisiklik, seperti nortriptyline dan desipramine.
  • Obat untuk gangguan pencernaan tertentu, seperti simetidin dan ranitidin.
  • Obat asma omalizumab, yang dapat mempengaruhi hasil tes hingga 6 bulan atau lebih lama.

Obat-obatan ini dapat mengurangi efektivitas atau mengganggu hasil dari tes tusuk kulit yang akan Anda jalani.


Prosedur Skin Prick Test

Prosedur Skin Prick Test cukup sederhana dan cepat, biasanya berlangsung sekitar 20-30 menit. Berikut adalah langkah-langkah yang biasanya dilakukan:
  1. Persiapan Kulit: Area kulit, biasanya lengan bawah atau punggung, akan disterilkan dengan alkohol untuk memastikan kebersihannya.
  2. Penetesan Alergen: Beberapa tetes ekstrak alergen akan ditempatkan di atas kulit dalam jarak tertentu.
  3. Penusukan Kulit: Jarum steril digunakan untuk menusuk ringan kulit di area tetesan alergen agar ekstrak alergen masuk ke dalam lapisan kulit.
  4. Pengamatan: Setelah sekitar 15-20 menit, kulit akan diamati untuk melihat reaksi alergi. Jika muncul bentol merah dan gatal di area tetesan, ini menunjukkan adanya reaksi alergi.


Selain alergen, dokter juga akan menguji beberapa zat lain dalam Skin Prick Test. Histamin diuji untuk memastikan respons tubuh jika tidak ada reaksi terhadap histamin, berarti Anda tidak memiliki kondisi alergi. Selain itu, gliserin atau cairan saline juga akan diuji. Biasanya, kedua zat ini tidak menimbulkan reaksi pada kebanyakan orang. Namun, jika kulit Anda bereaksi terhadap gliserin atau saline, ini mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki kulit sensitif, bukan alergi.



Keunggulan Skin Prick Test

  • Cepat dan Efisien: Prosesnya hanya memerlukan waktu sekitar 20-30 menit, sehingga pasien tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil.
  • Akurat: Skin Prick Test dianggap sebagai salah satu metode yang sangat akurat dalam mendeteksi berbagai jenis alergi.
  • Minim Resiko: Prosedur ini tergolong aman dan memiliki resiko efek samping yang sangat rendah. Reaksi yang muncul biasanya hanya bersifat sementara dan akan hilang dalam beberapa jam.

Kesimpulan

Skin Prick Test adalah metode yang cepat, akurat, dan aman untuk mendeteksi alergi. Dengan prosedur yang sederhana, tes ini dapat membantu dokter dalam mengidentifikasi alergen penyebab alergi dan memberikan pengobatan yang tepat. Jika Anda atau anggota keluarga mengalami gejala alergi, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut terkait tes alergi yang cocok untuk Anda.


Sumber: 

hellosehat.com

Hubungi DVX Medical Sekarang untuk Dapatkan Tes Alergi Terbaik di Surabaya Bersama Dokter Spesialis Profesional!

Kunjungi DVX Medical Surabaya dan dapatkan layanan tes alergi yang tepat, cepat, dan aman. Jangan tunda pengobatan Anda, segera periksa sekarang agar alergi bisa terdeteksi sehingga mencegah efek yang lebih parah.