Mengenal Eksim: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya
Kamis, 30 Mei 2024

Mengenal Eksim: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Eksim, atau yang lebih dikenal juga dengan dermatitis adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan serta perubahan pada penampilan kulit. Bagi sebagian besar orang, eksim bukanlah sesuatu yang asing. Namun, penting untuk memahami penyebab, gejala, dan cara mengobatinya agar dapat mengelola kondisi ini dengan lebih baik.

Pengertian Eksim

Eksim adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah kondisi kulit yang menyebabkan peradangan atau iritasi. Kondisi ini seringkali ditandai dengan kulit kering, gatal, kemerahan, dan seringkali muncul bercak atau ruam. Eksim dapat berkembang pada siapa pun, dari berbagai usia dan latar belakang, dan dapat bervariasi dalam tingkat keparahan.

pengertian eksim


Gejala Eksim

Gejala eksim dapat bervariasi tergantung pada jenis eksim dan individu yang terkena, namun beberapa gejala umum yang dapat muncul antara lain:
  • Kulit Kering: Kulit terasa kering dan kasar, terkadang bersisik.
  • Gatal: Gatal yang intens dapat menjadi gejala yang mengganggu.
  • Kemerahan: Kulit mungkin tampak meradang atau merah.
  • Bercak atau Ruam: Bercak kemerahan atau ruam mungkin muncul di area yang terkena.

gejala eksim


Penyebab Eksim

Meskipun penyebab pasti eksim belum sepenuhnya dipahami, beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena eksim antara lain:
  1. Faktor Genetik: Riwayat keluarga dengan riwayat eksim atau kondisi kulit lainnya dapat meningkatkan risiko seseorang terkena eksim.
  2. Reaksi Kulit: Paparan terhadap alergen atau iritan tertentu dapat menyebabkan reaksi kulit dan memicu eksim.
  3. Faktor Lingkungan: Cuaca ekstrem, polusi udara, atau paparan bahan kimia tertentu juga dapat mempengaruhi perkembangan eksim.
  4. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh: Gangguan pada sistem kekebalan tubuh juga dapat berperan dalam perkembangan eksim.



Cara Mengobati Eksim

Pengobatan untuk eksim dapat bervariasi tergantung pada jenis eksim dan tingkat keparahannya. Beberapa metode pengobatan yang umum digunakan meliputi:
  • Krim atau Salep Topikal: Menggunakan krim atau salep yang mengandung kortikosteroid atau bahan pelembap dapat membantu mengurangi peradangan dan menghidrasi kulit.
  • Obat Antihistamin: Obat antihistamin dapat membantu mengurangi rasa gatal yang menyertai eksim.
  • Fototerapi: Fototerapi atau terapi cahaya ultraviolet (UV) dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mengendalikan gejala eksim.
  • Perubahan gaya hidup: Menghindari pemicu eksim, seperti alergen atau stres, serta menjaga kulit tetap lembap dengan menggunakan pelembap secara teratur juga dapat membantu mengelola eksim.

Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda mengalami gejala eksim atau memiliki kekhawatiran tentang kondisi kulit Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit. Di DVX Medical, kami menawarkan layanan konsultasi yang ramah bersama dokter spesialis kulit profesional untuk membantu Anda dalam mengatasi eksim serta berbagai kondisi kulit lainnya.

Tentang DVX Medical, Klinik Penyakit Kulit Surabaya

DVX Medical adalah klinik penyakit menular seksual dan penyakit kulit terkemuka di Surabaya. Dengan tim ahli dokter SpKK, Sp.DVE, dan staf medis yang berpengalaman, kami berkomitmen untuk menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas dan terpercaya kepada pasien kami. Hubungi kami untuk pemeriksaan penyakit kulit termasuk eksim atau ingin tahu informasi lebih lanjut tentang layanan DVX Medical.

Itulah ulasan tentang penyakit kulit eksim yang perlu Anda ketahui. Dengan memahami pengertian, gejala, penyebab, dan cara mengobati eksim, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengelola kondisi kulit ini dengan lebih baik. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hubungi DVX Medical Sekarang untuk Dapatkan Pengobatan Eksim Terbaik di Surabaya Bersama Dokter Spesialis Profesional!

Kunjungi DVX Medical Surabaya dan dapatkan pengobatan Eksim yang tepat, cepat, dan aman. Jangan tunda pengobatan Anda, segera periksa sekarang agar sembuh lebih cepat dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti semula!