Bahaya Gonore, Ancaman Serius Bagi Pria dan Wanita Jika Tidak Diobati

Bahaya Gonore, Ancaman Serius Bagi Pria dan Wanita Jika Tidak Diobati

Senin, 20 Mei 2024
Gonore atau dikenal dengan kencing nanah, adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Meskipun dapat diobati, jika dibiarkan tanpa pengobatan, gonore dapat menyebabkan komplikasi serius bagi pria dan wanita. Penting untuk memahami bahaya yang terkait dengan gonore dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah dan mengobatinya.

Bahaya Gonore Bagi Pria

1. Infeksi Saluran Kencing (Uretritis)

Gonore pada pria dapat menyebabkan infeksi saluran kencing (uretritis), yang menimbulkan gejala seperti rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil dan keluarnya cairan kental dari ujung penis. Jika tidak diobati, infeksi ini dapat menyebar ke bagian lain dari saluran kencing, berakibat komplikasi serius seperti kemandulan dan bahkan kematian.

2. Epididimitis

Gonore dapat menyebabkan epididimitis, Epididimitis adalah peradangan pada epididimis, saluran yang menyimpan dan mengangkut sperma. Gejalanya berupa nyeri skrotum yang parah dan dalam beberapa kasus yang jarang, dapat menyebabkan infertilitas.

3. Penyebaran Infeksi

Bila tidak diobati, gonore dapat berkembang menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Bakteri gonore dapat menyebar ke aliran darah, memicu infeksi serius yang dikenal sebagai Disseminated Gonococcal Infection (DGI). Gejala DGI yang perlu diwaspadai termasuk demam, ruam kulit, nyeri sendi, dan pembengkakan.

Bahaya Gonore Bagi Wanita

1. Penyakit Radang Panggul (PID)

Gonore yang tidak ditangani bisa merambat ke rahim dan saluran tuba falopi, memicu Penyakit Radang Panggul (PID). Kondisi ini sering menghasilkan nyeri panggul yang berkelanjutan, kehamilan di luar kandungan, dan ketidaksuburan.

2. Komplikasi Kehamilan

Infeksi gonore pada wanita hamil meningkatkan peluang terjadinya komplikasi seperti keguguran, kelahiran prematur, dan infeksi serius pada bayi yang bisa menyebabkan kebutaan, radang sendi, atau infeksi darah yang mengancam nyawa.

3. Kanker Serviks

Meskipun tidak sering terjadi, gonore yang tidak diobati dapat meningkatkan kemungkinan wanita terkena kanker serviks.

Pengobatan Gonore di DVX Medical Surabaya

DVX Medical Surabaya menyediakan perawatan komprehensif untuk gonore dan penyakit menular seksual lainnya. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK dan Sp.DVE) yang profesional dan berpengalaman. Berikut adalah layanan yang kami tawarkan:
  • Diagnosis dan Konsultasi: Pemeriksaan awal meliputi anamnesis (wawancara medis), pemeriksaan fisik, dan tes laboratorium untuk mendeteksi adanya infeksi gonore.
  • Pengobatan: Pengobatan gonore melibatkan pemberian antibiotik yang sesuai untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Kami memastikan pengobatan yang diberikan efektif dan sesuai dengan kondisi pasien.
  • Konseling dan Edukasi: Kami juga menyediakan layanan konseling untuk membantu pasien memahami risiko, pencegahan, dan pentingnya menyelesaikan seluruh rangkaian pengobatan. Edukasi tentang praktik seks yang aman juga diberikan untuk mencegah
  • Follow-up dan Pemantauan: Setelah pengobatan, kami melakukan follow-up untuk memastikan bahwa infeksi telah sembuh total dan memberikan panduan lebih lanjut untuk menjaga kesehatan seksual.
Jangan abaikan tanda-tanda dan gejala gonore. Segera konsultasikan dengan dokter di DVX Medical Surabaya untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan profesional. Kesehatan Anda adalah prioritas kami. Hubungi kami sekarang untuk membuat janji temu dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan medis yang kami sediakan.

Hubungi DVX Medical Sekarang untuk Dapatkan Pengobatan Gonore Terbaik di Surabaya Bersama Dokter Spesialis Profesional!

Kunjungi DVX Medical Surabaya dan dapatkan pengobatan Gonore yang tepat, cepat, dan aman. Jangan tunda pengobatan Anda, segera periksa sekarang agar sembuh lebih cepat dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti semula!

Related Article

Vitiligo: Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Vitiligo, kelainan kulit yang ditandai dengan bercak putih p...

Penyakit Sifilis: Penyebab, Gejala, dan Cara Pengobatannya

Sifilis atau dikenal juga dengan sebutan raja singa adalah p...

Skin Prick Test, Tes Alergi yang Akurat dan Cepat

Apakah Anda sering mengalami reaksi yang diduga alergi? Jika...

Peringatan WHO: Kasus IMS Meningkat, Sifilis dan Gonore Kebal Antibiotik

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peringatan men...

Mengenal Eksim: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Eksim, atau yang lebih dikenal juga dengan dermatitis adalah...

Send Message